Tenaga Kefarmasian

       Semua jenis pekerjaan (pekerjaann halal) itu baik, salah satunya adalah tenaga kesehatan. Seorang tenaga kesehatan mempunyai peranan penting dalam kegiatan sosial dimasyarakat. Tetapi tahukah kalian pengertian dari tenaga kesehatan itu dan siapa saja yang termasuk didalamnya. Dan seberapa penting peranannya dalam bidang kesehatan sendiri dalam melaksanakan tugasnya.

       Dalam UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan yang dimaksud tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan, memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang memerlukan kewenangan dalam menjalankan pelayanan kesehatan. Dan yang termasuk dalam tenaga kesehatan adalah :

  • Tenaga Medis
  • Tenaga Keperawatan
  • Tenaga Kefarmasian
  • Tenaga Kesehatan Masyarakat
  • Tenaga Gizi
  • Tenaga Keterapian Fisik
  • Tenaga Keteknisan Medis

       Dalam tulisan ini saya akan membahas lebih jauh tentang Tenaga kefarmasian. Untuk sebagian orang mungkin sudah pernah atau sering mendengar bidang farmasi ataupun tidak tahu tentang itu. Pekerjaan kefarmasian adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat, dan obat tradisional. Didalam tenaga kefarmasian mencakup yaitu seorang apoteker, asisten apoteker, serta ahli madya.

       Didalam mendirikan sebuah apotek harus mempunyai Apoteker Penanggung jawab, serta asisten apoker yang membantunya. Seorang apoteker haruslah bertanggung jawab akan apotek yang dikelolanya, obat-obatan apa saja yang masuk dan yang boleh dan tidak dikeluarkan. Serta pelayanan-pelayanan lain yang harus diberikan dalam sebuah apotek. Itu semua sudah jelas tertuang dalam Undang-Undang Kesehatan. Begitupun juga asisten apoteker juga membantu apoteker dalam melaksanakan sesuai dengan kewenangannya sebagai asisten apoteker. Lebih jelasnya kita akan membahasnya.

  1. Apoteker

Apoteker adalah seseorang yang mempunyai keahlian dan kewenangan di bidang kefarmasian, baik di apotek, rumah sakit, industri, pendidikan, dan bidang lain yang berkaitan dengan bidang kefarmasian.

  1. Asisten Apoteker

Asisten Apoteker adalah Tenaga Kesehatan yang berijasah Sekolah Menengah Farmasi, Akademi Farmasi Jurusan Farmasi Politeknik Kesehatan, Akademi Analisis Farmasi dan Makanan Jurusan Analis Farmasi dan Makanan Politeknik Kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Ahli Madya (A.Md)

Ahli Madya (A.Md.) merupakan gelar vokasi yang diberikan kepada lulusan program pendidikan diploma 3. Penyandang Gelar A.Md memiliki ketrampilan praktis daripada teoritis. Pada proses belajarnya hampir seluruh mata kuliah pada program D3 ini memiliki komposisi 30% teori dan 70% praktek.

       Tidak mudah untuk masuk dalam bidang kesehatan apapun, dan kalaupun sudah masuk dalam biadnag kesehatan ini tidak cukup mudah juga untuk mempelajarinya. Saya seorang asisten apoteker lulusan Sekolah Menengah Farmasi di Jakarta memang benar tidak mudah untuk bisa lulus dalam sekolah itu. Yang menurut saya memang sedikit berbeda dengan sekolah umum biasa. Kejujuran adalah hal pertama dipelajari disini dan harus melekat sampai nanti dilapangan dan kejujuran sangatlah penting untuk pekerjaan ini. Karena disini kita berhadapan dengan obat yang akan menjadi nyawa seseorang.

       Setiap Tenaga Kesehatan mempunyai sumpah untuk dapat mempertanggung jawabkannya ditempat lingkunagan kerjanya. Tetapi ilmu yang sudah dipelajari tidak pernah sia-sia pasti sangat bermanfaat, terlebih ilmu kesehatan yang telah saya dapatkan. Banyak ilmu, pelajaran yang saya ambil dari sekolah 3 tahun itu dan pengalaman-pengalaman lain yang saya dapatkan didunia kerja. Itu adalah nilai plus dibandingkan bidang ilmu selain bidang kesehatan. Ilmu itu akan terus bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi, keluarga, teman dan untuk orang-orang sekitar saya sekarang sampai nanti kedepannya.

       Bekerja dibidang pelayanan terutama pelayanan kesehatan memang mempunyai dedikasi yang tinggi, hampir tidak kenal hari libur. Rumah sakit, praktek dokter, apotek dan klinik banyak yang sudah buka setiap hari bahkan selama 24 jam bahkan ditanggal-tanggal libur nasional. Tersentak berfikir banyak waktu yang kami lewatkan bersama keluarga, teman atau orang terdekat. Jauh dari itu dapat membantu mereka yang membutuhkan bantuan kita itu jauh lebih berharga dan tak ternilai bangganya.

Referensi :

http://jakartapedia.net/index.php?title=Tenaga_Kefarmasian

http://jakartapedia.net/index.php?title=Tenaga_Kesehatan#Tenaga_Kefarmasian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s