Maag, Gastritis, Dyspepsia

Gambar

  • Apakah yang dimaksud penyakit Maag itu ?

Penyakit Maag atau juga yang biasa dikenal nama Gastritis merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan mukosa lambung. Atau dengan kata lain sering disebut Tukak lambung adalah luka terbuka pada selaput lendir, dengan gejala rasa sakit yang hebat dan timbul berkala, terutama pada waktu isi lambung penuh. Penyakit ini biasanya menyerang tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada saatnya juga merupakan bagian penyakit kesehatan yang serius dan berlangsung cukup lama. Penyakit maag pada dasarnya menjadi 2 bagian yaitu penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Helicobacter pylori disebut sebagai maag kronis. Perlu diketahui, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa sangat membahayakan. Pengobatan penyakit maag kronis tidak bisa dianggap sepele sama sekali karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung. Sedangkan penyebab penyakit maag akut terjadi kerena disebabkan oleh faktor stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras, serta kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam.

  • Apa sajakah faktor penyebab yang dapat menyebabkan penyakit maag ini ?

Berikut adalah beberapa faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit maag :

  1. Faktor Stress

Ketika seseorang mengalami stres, akan muncul perangsangan saraf simpatis NV atau nervus vagus, yang serta akan meningkatkan produksi asam klorida (HCI) di dalam lambung. Naiknya produksi asam klorida di dalam lubang akan menyebabkan rasa mual, muntah-muntah dan juga anoreksia. Namun, penyakit maag akut bisa diobati dengan cara merubah gaya hidup sehat dan menjadi lebih baik.

  1. Bakteri Helicobacter Pylori

Yang sering sekali terjadi dan kerap ditemui adalah peradangan pada lambung muncul akibat dari bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri yang juga dikenal sebagai baketri yang bisa memicu borok pada lambung yang dapat membahayakan.

  1. NSAID (Anti Inflamasi Non Steroid)

Beberapa obat yang bisa menyebabkan masalah iritasi pada lambung misalnya adalah obat Anti-Inflamasi Non-steroid (NSAID) dan juga aspirin, serta obat lainnya. Oleh karenanya obat-obat dengan golongan ini harus diberikan sesudah makan.

  1. Kopi, Teh atau Minuman yang memiliki kandungan kafein

Karena kafein dapat mengendurkan lower esophageal spinchter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan.

  1. Alkohol

Alkohol berfungsi melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan dan alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

  1. Rokok

Asap rokok terkandung bahan kimia yang dapat melemahkan katup saat melewati paru-paru masuk ke dalam darah.

  1. Makanan Berminyak dan Berlemak

Karena makanan berminyak dan berlemak cenderung lama untuk dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

  • Gejala-gejala apa sajakah yang dapat ditimbulkan dari seseorang terkena penyakit maag ?
  1. Rasa nyeri di perut dan perut terasa seperti terbakar ; Sekresi asam lambung dan gerakan peristaltik yang berlebihan dapat menyebabkan kejang otot polos usus. Ini juga sering disebut dengan Dispepsia.
  2. Perut terasa kembung dan selalu terus bersendawa ; Seseorang penderita maag sering tidak enak pada lambungnya dan sering terasa kembung dan terus bersandawa karena gas-gas yang ada dlam perutnya meningkat.
  3. Terasa mual dan ingin muntah ; Ada beberapa penderita maag terasa mual dan ingin memuntahkan semua material yang ada dilambungnya yang sudah dimakan sebelumnya.
  4. Kurangnya nafsu makan ; Berkurangnya nafsu makan pada penderita maag ini disebabkan karena gejala-gejala yang ditimbulkan diatas sebelumnya seperti rasa nyeri diperutnya, terasa kembung dan bahkan sampai mual dan muntah jadi nafsu makan pun jadi berkurang.
  • Bagaimana sebaiknya cara penanganan yang tepat terhadap penderita maag ini ?
  1. Perubahan Gaya Hidup

Secara umum, penyakit maag atau gangguan fungsi lambung disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung. Tingginya kadar asam lambung disebabkan oleh produksi asam yang berlebihan. Penyakit maag yang diakibatkan oleh pproduksi asam lambung yang berlebihan diperparah oleh kondisi-kondisi berikut :

– Waktu makan yang tidak teratur

– Jenis makanan yang kurang cocok atau sulit dicerna

– Jumlah makanan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

– Gizi atau kualitas makanan yang kurang baik

– Kebiasaan merokok dan inum alkohol

– Stres dan kurang istirahat

Oleh karena itu mulai sekarang dan dimulai dari diri sendiri untuk lebih disiplin diri untuk mengatur gaya hidup yang sehat diantaranya yaitu mempunyai pola makan yang teratur dan diet untuk makanan-makanan yang dikira tidak sehat serta dibantu dengan olahraga untuk menyeimbangkan badan.

  1. Secara Farmakologi dengan pemberian Obat-obatan

Pemberian obat-obatan yang tepat untuk penderita maag haruslah benar dan tepat terhadap gejala-gejala maag yang sudah disebutkan diatas. Obat untuk mengurangi menekan produksi asam lambung atau membunuh kuman yang menginfeksi lambung serta obat untuk menetralisir kelebihan asam lambung seperti antasida. Jika pemberian obat tersebut dirasa kurang/belum bisa segera periksakan kedokter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s