Artikel Tanggung Jawab Sosial

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Dalam hal ini akan dibahas tanggung jawab sosial perusahaan yaitu PT. Uniliver Indonesia Tbk. Tanggung jawab sosial perusahaan PT. Uniliver Indonesia Tbk terhadaap konsumen dan juga lingkungan disekitarnya akan dibahas dalam tulisan ini. Sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial, Unilever Indonesia menjalankan program CSR yang luas. Keempat pilar program kami adalah Lingkungan, Nutrisi, Higiene dan Pertanian Berkelanjutan.

Tanggung Jawab Pt. Uniliver Terhadap Konsumen

PT.Unilever Indonesia telah banyak melakukan beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara berkelanjutan tidak hanya program korporasi tetapi juga pada brand yang merupakan produk rumah tangga. Sukses Unilever tidak dapat diraih tanpa kepercayaan masyarakat.

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap konsumen dari sisi PT. Unilever Indonesia Tbk (selanjutnya ditulis Unilever), dan untuk mengetahui penilaian para konsumen mengenai bentuk nyata dari CSR tersebut.  Penyebaran kuesioner yang dilakukan oleh uniliver kepada 50 orang responden yang menggunakan produk-produk Unilever. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa apa yang disampaikan oleh Unilever dalam Sustainability Report Unilever tahun 2006 mengenai CSR terhadap konsumen, melalui 3 (tiga) variabel yaitu hak konsumen, penetapan harga, dan etika dalam beriklan, dengan 7 (tujuh) indikator yang ada, sudah sepenuhnya sesuai dengan penilaian dari konsumen.

Tanggung Jawab PT. Uniliver Terhadap Lingkungan

Pada tanggal 31 Maret 2008, PT. Unilever Indonesia melalui Yayasan Unilever Indonesia bersama mitra stratergisnya diantaranya Badan Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta (BPLHD) kembali melanjutkan program Jakarta Green and Clean (JGC) di tahun 2008 ini sebagai salah satu bentuk kegiatan CSR.

Gerakan Jakarta Green and cleen (JGC) ini salah satunya adalah mengelola sampah menjadi komoditi yang lebih produktif, misalnya sampah basah yang dahulu tidak berguna dapat diolah menjadi kompos yang dapat digunakan sendiri atau dapat dijual, sampah kering dapat diolah menjadi barang kerajinan. Melalui program ini dapat menginspirasi pihak lain untuk mengelola sampah dengan baik, tidak hanya terkait dengan aspek lingkungan saja tetapi dapat mengangkat ekonomi masyarakat kecil.

Program JGC ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian sektor swasta terhadap masalah lingkungan khususnya masalah persampahan, penghijauan dan resapan di Jakarta. Diharapkan melalui program JGC ini, kepada masyarakat dapat meningkatkan kepedulian untuk pengelolaaan lingkungan, menggali potensi kreatifitas masyarakat dan meberdayakan secara positif, meningkatkan pendapatan msayarakatat dari mengumpulkan sampah dan mendaur ulang sampah, memperkuat kedekatan antar warga di masyarakat, memunculkan tokoh masyakarat yang peduli sebagai inspirasi warga lainnya.

Melalui program ini pula, diharapkan sektor swasta lainya dapat turut ambil bagian dalam program JGC. Dengan semakin banyak pihak yang melakukan program seperti ini semakin besar pula dampak positif yang akan dirasakan oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s